Tuesday, December 12, 2017

Tiga Kelurahan Di Kec. Kraksaan Diamuk Angin Puting Beliung

Probolinggo (Polsek Kraksaan) – Warga tiga kelurahan di Kec. Kraksaan digegerkan dengan datangnya musibah bencana alam angin puting beliung yang memporak porandakan sekolahan dan beberapa rumah warga selasa (12/12/2017) siang.

“Kejadiannya cukup singkat, bencana angin puting beliung berlangsung kisaran 15 menitan antar pukul 13.45 s/d 14.00 Wib. Awalnya hujan biasa saja, tiba – tiba langit gelap dan muncul suara gemuruh yang disebabkan oleh suara angin,” Ujar salah satu warga yang menyaksikan kejadian tersebut.

Tiga kelurahan yang terkena dampaknya meliputi Kel. Kraksaan Wetan, Kel. Sidomukti dan Kel. Patokan. Rata – rata rumah yang terlewati oleh angin puting beliung mengalami kerusakan pada genteng / kanopi rumah yang terhempas oleh angin serta ada tiga unit mobil yang tertimpa atap / kanopi garasi yang roboh diterjang angin puting beliung..

"Kerusakan cukup parah diderita oleh Bu. Aziz salah seorang warga Rt. 4 Rw.4 Kel. Kraksaan Wetan, warungnya yang baru saja buka kondisinya rusak parah akibat tertimpa pohon pohon asam yang tidak kuat menahan terjangan angin puting beliung. Untung saja tidak sampai menelan korban, Bu Aziz hanya menderita luka memar didahi dan punggung akibat tertimpa bangunan warungnya," terang Kapolsek Kraksaan Kompol Budi Harianto, S.H.  

Polsek Kraksaan saat mendapatkan laporan dari warga langsung sigap turun ke lokasi kejadian bencana alam, bersama – sama dengan Perangkat Kelurahan, Satgas Tanggap Bencana Polres Probolinggo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Probolinggo dan PLN Wilayah Kraksaan berjibaku membantu warga yang mengalami musibah bencana alam.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, S.H., S.I.K., M.H., M.Si., melalui Kapolsek Kraksaan Kompol Budi Harianto, S.H. menjelaskan membenarkan bahwa telah terjadi bencana alam angin puting beliung di tiga Kelurahan diwilayah Kec. Kraksaan. Dari data yang dihimpun oleh petugas, rumah warga yang mengalami kerusakan sebanyak 15 rumah di Blok Patemon Rt 03 Rw 01 Kel. Sidomukti, 19 rumah di Rt 01 Rw 05 Kel. Patokan serta di Kel. Kraksaan Wetan yang masing – masing 21 rumah di Rw 04, 10 rumah di Rw 07, 41 rumah di Rw 6 dan 1 Sekolahan  SMK Dharma Siswa juga mengalami kerusakan yang sama.

“Semoga Warga yang tertimpa musibah angin puting beliung diberikan kesabaran dan kekuatan serta diberikan perlindungan dari Allah SWT.” Harapan Kompol Budi. (Jr)