Tingkatkan Kewaspadaan, Kapolres Probolinggo Cek Senpi Anggota

Probolinggo – Jelang Hari Natal dan Tahun baru 2018, Polres Probolinggo laksanakan pengecekan Senjata api dinas baik yang dipegang perorangan maupun yang ada pada satuan kerja jajaran Polres Probolinggo, dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad SH, SIK, MH, MSi.

Pengecekan dilakukan oleh Kapolres di halaman depan Mapolres Probolinggo, Senin (18/12/2017). Dia memeriksa seksama sejumlah senpi anggotanya.

"Kita cek senjata api dan anggota yang memegang senjata api. Ini salah satu bentuk pengawasan terhadap senjata api yang dimiliki anggota. Kita rutin melaksanakan pengawasan ini," ucap Kapolres di Mapolres Probolinggo.

Dia menjelaskan pengecekan meliputi tes fisik senpi. "Kita cek apakah senjata itu dirawat atau tidak. Kewajiban polisi yang memegang senjata api itu harus dijaga dan dirawat," ujarnya.

Selain itu, Kapolres memeriksa kelengkapan dokumen senpi. Menurut dia, ada beberapa senpi yang izin masa berlakunya telah habis.

"Kalau sudah enggak berlaku kita minta untuk segera dilengkapi," kata Kabag Sumda Polres Probolinggo, Kompol Sutantyo SH, yang hadir mendampingi Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengetes kesiapan anak buahnya dalam membawa senpi. Hal ini guna mencegah agar anggota tidak sembarangan dalam menggunakan senpi.

"Kita cek perilaku anggota, meskipun lulus kita lakukan pengawasan antar teman dan rekannya. Misalkan satu mobil kan ada sopir manakala ada perilaku aneh atau emosional nanti kita buat laporan," kata dia.

Kapolres menambahkan pengecekan senpi anggota ini bukan hanya dilakukan di Mapolres. Pihaknya juga menginstruksikan seluruh jajaran Polsek melaksanakan hal serupa.

"kegiatan Ini rutin dilakukan juga termasuk kesiapsiagaan jelang hari Natal dan Tahun baru 2018," tutur Kapolres. (Humasresprob)