Tuesday, December 26, 2017

Wabup Timbul Buka Aksi Sejuta Biopori Jatim 2017 di Leces

Polres Probolinggo - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. H.A. Timbul Prihanjoko membuka acara Aksi Sejuta Biopori, pada Senin (18/12) di lingkungan SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces. Kegiatan ini diikuti oleh peserta 500 peserta yang terdiri dari seluruh siswa SMA Taruna Dra Zulaeha Leces dan SMAN 1 Leces dari kelas X, XI dan XII. Nantinya kegiatan berlanjut secara estafet ke-24 Kwartir Ranting Se Probolinggo. Pembukaan ini sejatinya adalah rangkaian kegiatan Pembukaan Caturuwulan Ke VII DKC Brigade Penolong Pramuka Penegak / Pandega yang telah berlangsung di tempat yang sama sejak Jumat sebelumnya (12/12)

Turut hadir dalam Opening Ceremonial Aksi Sejuta Biopori tersebut adalah Kapolsek Leces yang diwakili oleh Kanit Binmasnya Bripka Fifit, Danramil 0820/03 yang diwakili oleh Serka Tarmidi dan Camat Leces yang diwakili oleh Kasi Trantibnya, Drs Ali N. Acara dimulai tepat pukul 08.00 wib.

Dalam arahannya Kak Timbul menjelaskan bahwa pembuatan lubang resapan biopori ini bertujuan untuk meresapkan air hujan, bopori sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air tanah, mengurangi genangan air permukaan serta mencegah banjir. Menurut Wakil Bupati Probolinggo ini, untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup harus dilakukan secara terus menerus dengan cara memperbaiki kualitas air dan tanah. “Gerakan sejuta biopori pramuka Jawa Timur akan dilaksanakan selama 30 hari sebagai wujud turut peran serta pramuka dalam melestarikan lingkungan,” tegasnya. Selanjutnya kegiatan ini akan berlanjut secara estafet ke-24 Kwartir Ranting se-Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan aksi lingkungan sejuta biopori se-Jawa Timur ini dimulai 18 Desember 2017 hingga 18 Januari 2018 yang diikuti oleh pramuka penggalang/penegak/pandega se-Jawa Timur. Setiap Kwarcab Kabupaten/Kota diploting membuat biopori (LRB) sebanyak 27.000 dalam 30 hari. Selesai apel pembukaan Kak Timbul Prihanjoko beserta sejumlah pengurus diikuti para peserta dari seluruh siswa SMA Taruna Dra Zulaeha Leces dan SMAN 1 Leces membuat biopori di halaman SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces. (ptn / y0n)