Day 9 : Konvoi Motor Kapolres Sidak Pos Pam Leces, Ini Hasil Temuannya

Audio set tested!.
Polres Probolinggo - Malam itu (31/12/17) arus lalu lintas mulai terasa lengang ketika tak kurang dari 20 sepeda motor melaju beriringan dengan kecepatan sedang melintas di pertigaan Jorongan ke utara. Dengan kawalan voorijder dari Sat Lantas Polres Probolinggo dan ditutup sweeper Tim Mada Sat Sabhara Polres Probolinggo, konvoi pun sampai ke Pos Pengamanan (Pos Pam) Leces dalam hitungan menit. Rupanya rombongan tersebut adalah konvoi yang dipimpin langsung Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad S.H., S.I.K., M.H., M.Si. dalam rangka sidak Pos Pam Leces. Dengan postur tubuh yang tinggi, Fadly Samad terlihat gagah menunggangi Kawasaki KLX250S seri terbaru. Nampak mendampingi beberapa Pejabat Utama (PjU) Polres Probolinggo diantaranya Kabag Sumda, Kasat Lantas dan Kasat Sabhara.

Gaya rambut Safik Udin pun tak luput dari perhatian.
Setelah memarkir kuda besi dinas berkubikasi seperempat liter tersebut, kedatangan Fadly Samad langsung disambut oleh Perwira Pengendali (Padal) Pos Pam Leces Ipda Marsim berikut personil yang sedang bertugas. Tak tersirat raut lelah dari wajah pria kelahiran Makassar 41 tahun yang lalu tersebut, padahal rute sidaknya ini adalah yang ke tiga setelah Pos Pam Kraksaan dan Pos Wisata Bentar yang notabene jarak dari Kraksaan ke Leces adalah 33 Km. Fadly pun menyapa anak buahnya dengan ramah. Kemudian dirinya mulai memeriksa kelengkapan pos mulai dari panel data, buku mutasi hingga prasarana penunjang seperti set audio dengan mikrofon yang rupanya tidak ada di pos sebelumnya, “Untuk apa ini?” tanya Fadly kepada Ipda Marsim. “Ini untuk memberi pengarahan kepada masyarakat di sekitar pos, jadi petugas tidak perlu berteriak-teriak kalo ada keruwetan di depan pos”, jelas perwira berkumis tebal tersebut. Sejenak kemudian Fadly mengambil mikrofon dan mencobanya, dan tested!. Setelah beramah tamah sejenak, Fadly Samad kemudian mengajak rombongan untuk melanjutkan sesi sidak malam itu dengan patroli.

Bukan Fadly Samad jika tidak peduli pada bawahan, demikian terjadi saat dirinya keluar dari pos dan melihat seorang polisi dengan potongan rambut kurang rapi. Dengan bercanda Fadly bertanya “Potonganmu kok pethal-pethal?”,  “Siap, mungkin tukang cukurnya ngantuk, Ndan” jawab Brigadir Safik Udin dengan polos yang disambut tawa rekan-rekannya. Mendengar itu Fadly hanya tersenyum. Setelah mengenakan sarung tangan dan helm, Fadly Samad meninggalkan Pos Pam Leces diikuti dengan rombongan. Saat dikonfirmasi pada Danru Tim Mada Sabhara Bripka Purwanto S.H., bahwa konvoi akan mengambil jalur selain jalan raya dalam perjalanan berikutnya, sekaligus antisipasi potensi kerawanan yang bisa saja timbul menjelang pergantian tahun yang hanya tinggal hitungan jam saja. Tepat pukul 22.55 Wib, konvoi sidak Kapolres Probolinggo meninggalkan Pos Pam Leces. Selamat bertugas komandan, semoga malam terakhir di tahun ini aman terkendali!.(ptn)