POLRES PROBOLINGGO : Guna Menjaga Kelestarian Alam Dan Mencegah Bencana Alam, Anggota Polsek Kuripan Lakukan Penghijauan Bersama Warga

Tribratanews - Polres Probolinggo - Polsek Kuripan - Guna menjaga kelestarian alam dan sumber mata air, serta dalam rangka mencegah bencana alam khususnya tanah longsor, Anggota Polsek Kuripan bersama dengan warga masyarakat Dusun Krajan Desa Kedawung melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon di areal sumber mata air Dusun Krajan Desa Kedawung.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu pagi (14/01/2018) tersebut diikuti oleh Anggota Polsek Kuripan AIPDA MAYAR BUDIONO dan BRIPDA DWI CAHYO NUGROHO beserta segenap warga masyarakat Dusun Krajan  Desa Kedawung baik kaum muda maupun tua.
Kegiatan penghijauan tersebut selain dilaksanakan dalam rangka menjaga kelestarian alam dan sumber mata air, penghijauan tersebut dilakukan guna untuk mencegah bencana alam terutama tanah longsor.

"Mumpung sekarang masih musim hujan jadi tepat sekali digunakan untuk menanam pohon, dimana selain untuk kelestarian alam dan sumber mata air, apabila nanti pohon-pohon tersebut sudah besar bisa mencegah bencana alam seperti tanah longsor", ucap AIPDA MAYAR BUDIONO.
Pada kegiatan penghijauan tersebut ditanam bibit pohon yang sifatnya konsumtif, yaitu berupa bibit pohon gayam, klompek, sukun, dan durian. Dengan maksud apabila nanti pohon-pohon tersebut sudah besar, warga sekitar dapat menikmati buah dari pohon tersebut, sedangkan pohonnya sendiri masih bisa tetap tumbuh besar guna menghijaukan lahan di sekitar sumber mata air, serta untuk menjaga kelestarian sumber mata air itu sendiri, dan tidak kalah pentingnya juga bahwa pohon-pohon tersebut secara tidak langsung juga bisa mencegah terjadinya bencana khususnya tanah longsor.

"Sengaja dipilih bibit pohon yang sifatnya konsumtif untuk ditanam, dengan maksud nantinya apabila pohon-pohon tersebut sudah besar, warga bisa menikmati buahnya sedangkan pohonnya bisa tetap tumbuh besar guna kelestarian lahan dan sumber mata air serta untuk mencegah tanah longsor", pungkas Kanit Intelkam Polsek Kuripan tersebut.
(boydonk).