Wednesday, January 3, 2018

KOMITMEN POLSEK DRINGU AWASI PENGGUNAAN DANA DESA

POLRES PROBOLINGGO (Polsek Dringu) — Seperti yang menjadi atensi pimpinan bahwa anggota Polri khususnya yang Bhabinkamtibmas agar melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana APBN yang disalurkan ke desa, termasuk dalam hal pembangunan infrastruktur di Desa seperti di Kecamatan Dringu. Kapolsek Dringu AKP Suparmin, SH bersama dengan Forpimka Dringu melaksanakan kunjungan ke Desa Kalisalam Kecamatan Dringu, dalam kunjungan tersebut dimaksudkan guna memberikan bimbingan dan sekaligus pengawasan dana desa serta melihat langsung bukti fisik pembangunannya kepada aparat Desa Kalisalam, Selasa (02/01/2018).

Dalam kunjungan ke Desa Kalisalam disambut Kepala Desa Kalisalam Sukur.Dalam kegiatan ini AKP Suparmin, SH juga melakukan pengecekan laporan realisasi penyerapan dana beserta administrasi pertanggung jawaban keuangan dana yang sudah terserap di Desa Kalisalam. Serta mengecek langsung pembangunan fisik yang ada di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu.

Dimulai dari pengecekan pembangunan jalan paving di Pasar Bawang, dilanjutkan renovasi atap TK Kalisalam, pembangunan PAUD di Dusun Gepeng, pembangunan rumah warga tidak mampu di Dusun Wonosalam, renovasi rumah warga tidak layak huni di Dusun Wonosalam, pembangunan jalan tembus dengan material paving di Dusun Kebonan,  dan terakhir pembangunan saluran air dan plengsengan di Dusun Grogol.

“Kami sangat senang dengan adanya anggota polisi yang ikut mengawasi pembangunan di desa kami. Dengan seperti ini pemborong tidak akan berani untuk melakukan penyelewengan dari RAB yang telah ditentukan,” tutur Kades Kalisalam Sukur.

Kapolsek Dringu AKP Suparmin, SH mengatakan “Anggota Kepolisian Polsek Dringu akan terus melaksanakan pengecekan penggunaan anggaran tiap - tiap desa dan bukti fisik pembangunannya. Pantauan dan pengawasan ini kami lakukan dalam pembangunan desa yang menggunakan dana APBN karena ini merupakan atensi pimpinan dan juga sudah kewajiban kami untuk ikut mengawal penyaluran dana tersebut,”.

“Polisi juga memberikan bimbingan kepada Kepala Desa dan aparat desa,dengan satu tujuan membantu para Kepala Desa apabila ada kendala dalam penggunaan dana desa tersebut,”.

“Kita minimalkan penyelewengan dana desa tersebut dengan pengawasan yang ketat melalui anggota Bhabinkamtibmas  dan petugas Polmas,“ pungkasnya. (BHS)