Sunday, January 14, 2018

Komunitas ILK-P (Info Lantas dan Kriminal Kota/Kab Probolinggo) Memadati Pantai Duta, Ada Apa?

Ipda Nyoman, Kanit Laka Polres Probolinggo ketika dengan sabar menjawab ratusan pertanyaan dari komunitas FB ILKP
Paiton - Tampak berbeda suasana di Pantai Randu Tatah (Duta) pagi ini dari hari-hari sebelumnya. Sekumpulan massa yang umumnya menggenakan kaus berwarna hitam memadati rest area Pantai Duta. (Minggu, 14/01/2018)

Mereka adalah komunitas grup Facebook yang berada di Probolinggo bernama ILK-P (Info Lantas dan Kriminal Kota/Kabupaten Probolinggo).

Bukan untuk berdemo atau berorasi, namun yang mereka lakukan adalah mendengarkan sosialisasi dan penyuluhan tentang undang-undang lalu lintas dan tata cara Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) pada korban kecelakaan lalu lintas ataupun kriminalitas.

Hadir Ipda Nyoman Harayasa, SH. Kanit Laka Polres Probolinggo sebagai narasumber dalam pertemuan tersebut.

Ribuan anggota komunitas yang hadir tampak antusias menyimak materi yang diberikan Ipda Nyoman. Bahkan tak sedikit pula yang bertanya tentang bagaimana dan apa yang seharusnya dilakukan ketika mendapati peristiwa kecelakaan ataupun kriminalitas yang terjadi di sekitarnya.

Salah satu admin grup FB ILKPro, Novri Agus a.k.a. Erwin Nugroho menjelaskan maksud dari kegiatan ini adalah agar anggota komunitas tak hanya bisa memberikan informasi yang akurat namun juga bisa menjadi Polisi Masyarakat (Polmas) ketika terjadi kecelakaan ataupun kriminalitas.

"Kami mengundang Satlantas Polres Probolinggo sebagai narasumber agar dapat memberikan kuliah kepada kami tentang tata cara penanganan gawat darurat dan pengetahuan tentang undang-undang lalu lintas." Jelas pemilik akun Erwin Nugroho tersebut.

Selain itu Ipda Nyoman sendiri menyampaikan ucapan terimakasih dari Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, SH, SIK, MH, MSi. dan Kasat Lantas AKP Ega Prayudi, SIKom. atas kepercayaan dan partisipasi komunitas kepada Polri dalam rangka menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban di wilayah Probolinggo.

"Semoga pertemuan ini bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan soliditas komunitas grup ILK-P, Polri, dan masyarakat Probolinggo, terimakasih." Tutup Ipda Nyoman (ns)