Liburan Tahun Baru, Ini Upaya Satlantas Cegah Macet

IPDA Agus Kanit Dikyasa Satlantas POlres Probolinggo ketika mengatur lalu lintas di jalan raya Surabaya Lumajang. 

Probolinggo, Liburan tahun baru 2018, yang bertepatan dengan akhir pekan dan liburan sekolah tentunya menjadi waktu yang pas bagi warga masyarakat melaksanakan liburan. Sejumlah destinasi tempat wisata di Kabupaten Probolinggo seperti Gunung Bromo, Pantai Bentar dan Pantai Duta adalah yang paling banyak dikunjungi. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya volume kendaraan yang melintas di jalur-jalur menuju lokasi wisata. 

Menyikapi hal ini, Satlantas Polres Probolinggo memaparkan berbagai upaya untuk mencegah kemacetan selama libur tahun baru.

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi, S.Ikom menjelaskan upaya rekayasa lalu lintas tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi selalu dilakukan modifikasi cara merekayasa demi kelancaran masyarakat berkendara.

Seperti rekayasa arus lalu lintas di jalan raya Surabaya - Lumajang Kecamatan Leces, jalan menuju wisata Gunung Bromo dan depan Rest Area Wisata Pantai Bentar Kecamatan Gending  dengan memasang traffic cone.
Beberapa hari sebelum pergantian tahun, Satlantas juga memberikan himbauan di sosial media, dan Radio agar masyarakat mengantisipasi kepadatan arus sewaktu libur tahun baru. Seperti tetap mematuhi aturan dan rambu lalu lintas dan berangkat lebih awal.

Selain itu, pengerahan personil di titik-titik kepadatan arus dilakukan secara continue sampai arus kembali normal. Personil Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru di Rest Area Pantai Bentar tidak ketinggalan mengatur arus lalu lintas di depan lokasi wisata Pantai Bentar.

Kapolres Probolinggo yang memantau langsung di lapangan menjelaskan, "Antisipasi ini selain mencegah kemacetan juga mencegah kecelakaan lalu lintas. Kami mengharapkan liburan yang nyaman dan tertib dapat dinikmati masyarakat bersama-sama." (ns)