NEKAT, GADAIKAN BPKB PALSU DIBEKUK SATRESKRIM POLRES PROBOLINGGO

Satreskrim bekuk Pelaku BPKB Palsu
Tribratanews Polres Probolinggo - Sat Reskrim, membekuk terhadap pelaku Pemalsuan Surat berupa BPKB Palsu mobil Toyota Avanza yang terjadi di Bank Mandiri Cab. Kraksaan Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo yang dilakukan oleh MUH. ERVANDIKA als ANDIKA bin SANAKI, 33 th, swasta, beralamatkan Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Kasat Reskrim AKP Riyanto SH mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula dari adanya kasus pengajuan Kredit ke Bank Mandiri Cabang Kraksaan dengan jaminan BPKB.

"Jadi awalnya, kita menangani laporan pengajuan kredit yang dilaporkan Bank Mandiri Cabang Kraksaan. Yang diajukan oleh tersangka sendiri, pada hari Senin silam (21/08/2017). Sudah kami tangani dan kami amankan pelakunya," ujar Riyanto, di Kantor Sat Reskrim, Kamis (04/01).

Dikatakan Riyanto, pada saat penanganan kasus Kredit itu, pihak Bank Mandiri Cabang Kraksaan menginformasikan ada BPKB di tempatnya, yang sebelumnya sudah melaksanakan pengecekan Keabsahan BPKB di Samsat Kraksaan, dan dinyatakan Palsu.

"Sangat mirip. Pengakuan sementara sudah ada satu BPKB yang dipalsukan. Namun, nanti kami akan kembangkan lagi. Sejauh ini ada empat tempat yang sudah kami amankan, dan diduga masih ada lagi yang lain. Karena, kami meyakini tersangka tidak bekerja sendirian dan ini merupakan sindikat," jelasnya.

Ia mengungkapkan, tersangka ditangkap di Jln. Pura Demak Kecamatan Denpasar, Kabupaten Badung ,Provinsi Bali, sekitar pukul 08.00 WITA, Kamin (04/01) pagi tadi.

"Berdasarkan pengakuan tersangka, dia melarikan diri semenjak mengetahui bahwa kasusnya ditangani oleh Kepolisian Resort Probolinggo. Tersangka dikenakan Pasal 378 tentang penipuan dan Pasal 263 terkait pemalsuan surat," tandasnya.