Petugas Patroli Polsek Dringu Sambangi Pos Kamling Desa Ngepoh

AIPTU Kaderi dialogis dengan
warga di pos kamling Dusun Lajuk Desa Ngepoh
POLRES PROBOLINGGO (Polsek Dringu) - Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah merupakan tugas TNI (Tentara Nasional Indonesia), sedangkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh Polri (Kepolisian Republik Indonesia). Akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT atau RW, sistem keamanan lingkungan (siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.

Petugas patroli Polsek Dringu AIPTU Kaderi melaksanakan sambang dialogis di pos kamling Dusun Lajuk Desa Ngepoh Kecamatan Dringu dan menemui 3 orang warga yang sedang melaksanakan ronda malam, Senin (08/01/2018) pukul 01.00 WIB.

Terhadap 3 warga masyarakat, AIPTU Kaderi menyampaikan pengertian manfaat ronda malam bagi lingkungan kita, menjaga keamanan dari pencurian, perampokan, maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat, apalagi dalam situasi sekarang ini menjelang Pilkada Serentak 2018.

Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya ganguan keamanan masyarakat, musibah, dan bencana alam.Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat, karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan diikutsertakan dalam jadwal roda siskamling dengan penjadwalan atau piket.

Meningkatkan rasa kebersamaan antar penghuni suatu kampung atau desa ataupun penduduk secara umum yang tinggal dan atau menetap di lingkungan setempat.

“Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai anggota masyarakat sekaligus sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk berpartisipasi aktif dalam upaya bela negara, salah satunya dengan berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di sekitar tempat tinggal kita dengan ronda atau siskamling berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh perangkat desa dalam hal ini ketua RT setempat,” pesan AIPTU Kaderi. (BHS)