Monday, January 1, 2018

Kapolres Probolinggo Pantau Langsung Pengamanan Libur Tahun Baru.



PROBOLINGGO – Kemacetan dampak kegiatan masyarakat merayakan tahun baru 2018 di jalan raya Gending - Probolinggo tepatnya di kawasan Wisata Pantai Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Senin (01/01/2018). Tak hanya membuat ratusan pengemudi sedikit “emosi”, karena terjebak macet, akibat penumpukan kendaraan di area Parkir Wisata Pantai Bentar itu, membuat Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad S.H., S.I.K., M.H., M.Si, langsung bereaksi.

Ya, tak lama setelah melihat langsung kemacetan mengular di jalur Probolinggo - Situbondo, mantan Kapolres Tuban itu langsung meminta Kasat Lantas AKP Ega Prayudi Si.Kom serta petugas pos pelayanan wisata bentar, turun langsung urai kemacetan, sekitar pukul 11.30 WIB.

Dalam situasi arus yang padat, Kapolres langsung menerobos antrian kendaraan untuk menuju titik pemicu macet yakni di depan pintu masuk Parkir Kawasan Wisata Pantai Bentar.

Tanpa canggung, Kapolres memberikan komando dan aba-aba layaknya petugas Lalu Lintas untuk mengurai antrian kendaraan.

Ia juga meminta beberapa personel mengecek pemicu kemacetan yang ternyata berasal dari aktivitas keluar masuk kendaraan parkir yang hanya menyisakan jalur kurang dari separuh badan jalan.

Rupanya, kehadiran Kapolres bersama tim Lantas dan personil Pos Pelayanan Wisata Pantai Bentar itu cukup efektif mengurai kemacetan. Berkat kesigapannya, arus mulai bisa sedikit bergerak sampai kemudian berangsur agak normal sekitar pukul 13.00 WIB.

Sementara, Kapolres AKBP Fadly Samad mengaku terpaksa turun tangan karena tergerak melihat langsung kemacetan yang mengular dari arah barat sampai wilayah kecamatan Dringu demikian sebaliknya sampai wilayah Kecamatan Gending.

Meski harus berjibaku siang hari dengan terik matahari menyengat kulit, menurutnya hal itu sudah menjadi tanggungjawabnya untuk berusaha memberi pelayanan dan mengatasi kesulitan masyarakat kapan pun dalam situasi apa pun.

“Yang terpenting kesulitan masyarakat sebisa mungkin harus segera teratasi. Karena kemacetan itu dampaknya sangat panjang. Kalau ada mobil yang kebetulan membawa pasien sakit dan terjadi apa-apa sama pasiennya bagaimana, lalu yang kejar jadwal akhirnya jadi terlambat, kan kasihan, ” pungkasnya.

Meski kemacetan akhirnya bisa terurai, Kapolres tak lupa menyampaikan permintaan maaf atas insiden kemacetan yang sempat menghambat perjalanan kendaraan yang melewati depan wisata Pantai Bentar.

Untuk mengantisipasi terulangnya kemacetan, pihak Satlantas Polres Probolinggo melaksanakan rekayasa lalu lintas, dengan pembagian jalur menggunakan Traffic Cone, sebagai pembatas lajur.

“Agar nanti tidak ada kendaraan saling menyalip, dikarenakan arus dari dua lajur sedikit ramai, dan harapan kami tidak ada kemacetan lagi, ” tandas Kasat Lantas AKP Ega Prayudi. (Humasresprob)