Sunday, January 7, 2018

Temukan Motor Warga Lawang Yang Hilang, Ini Tindakan Kanit Reskrim Leces

Serah terima barang bukti kepada personil Polsek Lawang
Polres Probolinggo - Malam itu (04/01/18) dua orang polisi dari Polsek Lawang Polres Malang, yaitu Iptu Hadi dan Bripka Bagus  mendatangi Mapolsek Leces. Turut bersama mereka seorang warga Malang bernama Sardji (62). Kedatangan mereka atas undangan dari Kanit Reskrim Polsek Leces, Aiptu Rosyimin. "Benar, kami disini karena diundang oleh Polsek Leces yang telah menemukan motor milik warga kami yang telah hilang sejak September 2017 lalu.", jelas Kanit Reskrim Lawang tersebut. Usut punya usut, motor Honda Scoopy milik Sardji raib setelah digondol maling yang menyaru jadi calon pembeli motor yang punya tampilan retro klasik keluaran tahun 2016 berkelir hitam-cokelat tersebut. "Sardji kami ajak selaku korban pelapor dan pemilik, untuk mengenali kendaraan yang telah ditemukan oleh anggota Leces", terangnya.

Motor Scoopy yang sempat raib
Saat dikonfirmasi pada Kanit Reskrim Leces dirinya membenarkan dan menceritakan awal penemuan motor dengan plat nomor aseli N-6789-HI bermula dari laporan warga Leces yang menjadi korban penipuan pada pertengahan Desember 2017 lalu. Adalah Saleh (50) yang melapor perihal dirinya telah ditipu seseorang tak dikenal sebut saja mr. X yang akan membeli motor Honda CB150R miliknya. Setelah bertemu dengan Saleh, mr.X pun meminjam CB150R dengan Nopol N-6260-SJ dengan alasan akan dicoba dan ditunjukkan pada isterinya. Saleh pun setuju karena mr. X meninggalkan motornya di rumah Saleh. Setelah ditunggu lebih dari 20 menit si mr. X tak kunjung menunjukkan batang hidungnya. Akhirnya Saleh pun sadar bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan yang kemudian melapor ke Polsek Leces sambil membawa motor yang ditinggalkan oleh mr. X yaitu Honda Scoopy Nopol N-3401-TBM.

Singkat cerita setelah diadakan pemeriksaan dan identifikasi terhadap motor yang diinggalkan oleh mr. X tersebut didapatkan fakta yaitu nopol yang terpasang adalah palsu, dan nomor rangka & mesin merujuk pada nopol aseli N-6789-HI atas nama Sri Utami alamat Kec Lawang Malang  yang notabene adalah isteri Sardji. Dilakukanlah koordinasi dengan Polsek Lawang. Dan akhirnya proses serah terima sekaligus pinjam pakai Barang Bukti (BB) dilakukan dari Polsek Leces ke Polsek Lawang. "Disebut pinjam pakai karena proses penyidikannya belum usai baik di Polsek Leces mapun Polsek Lawang.", jelas Rosyimin. Ketika ditanyakan sejauh mana upaya yang telah dilakukan oleh unitnya maka polisi kelahiran Pamekasan tersebut mengklaim bahwa unitnya telah melakukan serangkaian pemeriksaan dan penyelidikan demi terungkapnya kasus tersebut.

Iptu Hadi mengapresiasi kinerja unit Reskrim Polsek Leces dalam hal ini. Dirinya berharap sinergi lintas kewilayahan seperti ini akan senantiasa terjalin baik demi peningkatan pelayanan publik. Pada kesempatan yang sama Aiptu Rosyimin juga menambahkan bahwa hal ini tak lepas dari peran seluruh unsur yang ada di Polsek Leces "Terutama dari unit intel, sangat banyak membantu", tutupnya sambil melirik pada Kanit Intel Polsek Leces, Bripka Krisna Adiyanto. (ptn)