Wednesday, February 28, 2018

Polres Probolinggo : Boleh Tak Pakai Helm, Asal ... ...

Leces - Sudah maklum bagi kita melihat peningkatan volume kendaraan dipagi hari. Kaum pekerja, pedagang dan anak sekolah tampak memadati setiap ruas jalan di hampir seluruh daerah di Indonesia, sebagaimana halnya yang tampak pada hari itu (19/02/2018). Salah satu ruas jalur terpadat di Probolinggo yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Probolinggo ini arusnya padat merayap.  Arus sengaja diperlambat oleh beberapa petugas polisi yang menyeberangkan anak-anak sekolah di beberapa titik tertentu.

Di lintasan penyebrangan SDN Sumberkedawung III nampak Bripka Fifit   yang bertugas disitu. Dengan sabar dirinya menyeberangkan anak-anak sekolah yang dibaginya dalam kelompok kelompok kecil pada tiap kali penyeberangan. Pemandangan yang juga tak asing adalah demikian banyaknya pemotor yang tak mengenakan helm, termasuk yang tampak pada gambar, yaitu orang tua yanng mengantar anaknya ke sekolah tanpa memgenakan helm. Saat diingatkan oleh Fifit, jawaban klasik pun terdengar "Ah, rumah saya kan deket sini pak".  Remeh memang, tapi secara tak langsung menjadi pelajaran yang tidak baik bagi anak sekolah yang diantar orang tuanya yang naik motor tanpa helm, bahwa aturan bisa dengan mudah dilanggar, padahal taat pada peraturan harus dimulai sejak dini dalam lingkungan keluarga.

1 diantara 7 pemotor yang melintas di Jl Raya Leces tak mengenakan helm. Ini adalah fakta yang berhasil dikumpulkan TBNews dari pengamatan petugas di lapangan. Tak mengejutkan mengingat kurangnya kegiatan pengawasan dan penertiban dari kesatuan yang berwenang. Kesadaran berlalulintas yang rendah dan latar belakang Sdm dalam menyikapi peraturan berkendara juga mempengaruhi rendahnya animo masyarakat setempat dalam mentaati aturan berlalu lintasm

Petugas polsek pun tak bosan mengingatkan para pengendara yang membandel, dengan cara yang santun tentunya. "Boleh tak pakai helm, asal motornya dinaikin dalam rumah" sindir petugas yang bertugas. Sosialisasi Keamanan Keselamatan Ketertiban Demi Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcar Lantas) kerap dilakukan oleh Polsek Leces, baik itu sosialisasi ke sekolah-sekolah maupun kegiatan pembinaan Pramuka. (ptn)