Monday, February 19, 2018

Polres Probolinggo : Polsek Pajarakan tetap berdayakan Pak Ogah /Supeltas meski tanpa anggaran di Simpang Tiga Pasar Pajarakan


Pajarakan : (19/02/2018) AIPTU WAYAN CANDIASA memberdayakan keberadaan Pak Ogah atau polisi cepek, dalam mengurai kemacetan di simpang tiga depan pasar pajarakan. Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas).


Menurut AIPTU WAYAN CANDIASA, Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) disiapkan sebagai mitra kepolisian dalam mengatur kendaraan di wilayah Pajarakan untuk itu selama sepekan ini dilatih dasar pengaturan lalu lintas seperti dilatih 12 gerakan dasar aba-aba pengaturan lalu lintas, baris-berbaris, dan penanganan pertama jika terjadi kecelakaan, menolong korban kecelakaan serta Mengimbau massa tidak menghakimi orang yang dianggap menyebabkan kecelakaan.



Dan pak ogah atau supeltas, tidak diperkenankan meminta bahkan sampai memaksa pengendara memberikan uang sebagai upah/ imbalan karna telah membantu mengatur lalu lintas. 

Namun, pihak kepolisian memperbolehkan jika ada pengendara yang memberikan sejumlah uang kepada supeltas secara cuma-cuma. 

"Kalau ada ya di terima, kalau tidak ya tidak apa-apa. Intinya, tidak boleh memaksa," ucap AIPTU WAYAN CANDIASA.