Monday, February 19, 2018

Polres Probolinggo: Sabhara Kawal Tahanan yang Akan Disidangkan

Tribratanews Polres Probolinggo - Sat Sabhara,  Demi terwujudnya rasa aman masyarakat anggota Sabhara Polres Probolinggo melakukan pengawalan terhadap sejumlah tahanan yang akan disidangkan di Pengadilan Negeri Kraksaan pada senin (19/02/2018).

Pengawalan tahanan sejauh 4 km dari Lembaga Permasyarakatan Kraksaan menuju Pengadilan Negeri yang terletak di Jln. Panglima Sudirman No.5 dan sebaliknya ini merupakan upaya polisi untuk menjamin keamanan dan keselamatan dari lokasi penjemputan tahanan sampai ke tempat tujuan.

Dua petugas Sat Sabhara yang melakukan pengawalan dilengkapi dengan surat tugas resmi dari kesatuan Polres Probolinggo, untuk kepentingan tugasnya dilengkapi dengan senjata laras panjang sebagai upaya untuk mengurungkan niat para tahanan untuk kabur dan menyerang petugas.

Selalu siaga dalam melaksanakan tugasnya para petugas pengawalan tidak lupa untuk mengecek jumlah dan kondisi kesehatan tahanan setelah semua proses persidangan selesai. Selanjutnhya para tahanan dikembalikan lagi dengan pengawalan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

IPDA Wiyono menjelaskan bahwa, "Petugas pengawalan tahanan  wajib menjamin keamanan dan keselamatan selama pergeseran tahanan dan berhak mengambil tindakan Kepolisian seperlunya, " pungkasnya selaku Kanit Turjawali Sabhara.(HMS Sbr)