Tuesday, March 13, 2018

Sambut Nyepi, Polisi dan Warga Tengger Bersihkan Pura


Tribratanews Polres Probolinggo - Jelang hari raya umat Hindu, ratusan personel kepolisian dari Polres Probolinggo dan Relawan Sahabat Gunung, melakukan bersih-bersih Pura Poten Luhur yang berada tepat di bawah Kawah Gunung Bromo. Kegiatan ini wujud teloransi antar umat agama yang selama ini terjalin dengan baik.

Kegiatan ini sudah dilakukan dalam 2 hari terakhir menjelang perayaan Nyepi 1940 saka. Polisi dan relawan membersihkan rumput-rumput liar, daun kering, sampah plastik. Mereka juga membersihkan tangga pura yang tertutupi pasir Bromo. Lokasi Pura Poten yang menjadi sasaran dalam kegiatan bersih tempat ibadah ini yakni di area Mandala Madya dan Manda Nista.

“Kami lakukan giat bersih tempat ibadah tidak hanya di masjid saja. Namun gereja dan pura juga dilakukan,” ujar Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad di lokasi, Selasa (13/3/2018).

Nyepi akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (17-18/3/2018). Jalur menuju Gunung Bromo akan ditutup untuk Sukapura mulai Desa Ngadas, Jetak Wonotoro, dan Ngadisari. “Agar lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah Nyepi, pengamanakan kami maksimalkan,” ungkap Fadly.

Sementara itu, Sunomo, Parumman Walaka atau penasihat pengurus harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kepedulian pihak kepolisian dan komunitas pecinta Bromo.

"Kami merasa terbantu dengan aksi bersih-bersih sebelum Hari Raya Nyepi. Kami sebagai minoritas benar-benar diayomi oleh mayoritas," ungkapnya.