Friday, May 18, 2018

Polres Probolinggo : Satpolairud Polres Probolinggo Memberikan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Relawan BPBD

Tribratanews Polres Probolinggo | Dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu di wilayah Probolinggo dan sekitarnya, petugas dituntut untuk menjadi lebih tanggap dalam mengantisipasi dan menanggulangi apabila terjadi bencana di wilayah Probolinggo baik di darat maupun di Laut.

Hal tersebut yang menjadi dasar Badan Penanggulangan Bencana daerah Kota Probolinggo Menggandeng Satpolairud Polres Probolinggo dalam melakukan Pembinaan kepada para relawannya. Untuk meningkatkan kesiagaan dan peningkatan kemampuan dalam hal evakuasi korban di perairan, kegiatan pembinaan ini perlu dilakukan secara kontinyu.

Bertempat di wilayah perairan Mayangan, pelaksanaan kegiatan Pembinaan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Probolinggo pada hari  Senin, 14 Mei 2018 dimulai   pukul 08.00 wib.  Pembukaan kegiatan Pembinaan dipimpin oleh P. S. KAUR BINOPS Satpolairud Polres Probolinggo yang  mewakili Kasatpolairud, dan  diikuti oleh 25 relawan BPBD Kota Probolinggo.
Sebelum Kegiatan Praktek lapangan tata cara penyelamatan korban tenggelam dilaut serta evakuasi korban jatuh di laut, Pemberian materi mengenai kemampuan dalam penyelamatan dan evakuasi korban di laut dilaksanakan terlebih dahulu di darat untuk merefresh dan mengingatkan kembali tata cara pertolongan dan evakuasi korban di air.

Kasatpolairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno,S.H. secara terpisah mengatakan bahwa pelatihan kepada relawan ini pelu dilakukan secara simultan serta Pelaksanaan kegiatan  mengutamakan keselamatan dengan menggunakan lifejacket dan cek kondisi peserta Pelatihan peningkatan kemampuan untuk meminimalisir terjadinya masalah saat kegiatan berlangsung.