Saturday, July 14, 2018

Polres Probolinggo : Penebarliaran Barang Bukti Ribuan Baby lobster Di Perairan Gili Ketapang

Tribratanews Polres Probolinggo | Jumat, 13 Juli 2018 ,  pukul 13.00, Satpolairud Polres Probolinggo  beserta instansi terkait melakukan pelepasliaran baby lobster di wilayah perairan Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan pelepasliaran baby lobster selain dilakukan oleh KP X – 1026  Satpolairud Polres Probolinggo dan anggota KP X – 1007  juga ada tim dari Petugas Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Surabaya 1, Tim Dari Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim, Balai Pelestrian Sumberdaya Pesisir Laut Surabaya Wilayah Kerja Denpasar dan Satwas SDKP Probolinggo juga Dinas P2SKP Mayangan Kota Probolinggo.

Babylobster yang dibawa oleh tim dari BKIPM adalah hasil tangkapan dari tim Tindak Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim di wilayah Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Trenggalek. Tim Membawa babylobster yang disimpan dalam kantong  plastik dan dimasukkan ke dalam 3 box Stirofoam sejumlah  sekitar 15.000 ekor babylobster.

Rombongan berangkat ke tengah laut pukul 13.15 WIB menggunakan Kapal Polisi X – 1026 dikomandani oleh AIPDA Bambang Budiantoni.  Pelepasliaran baby lobster dilakukan di perairan utara Pulau Gili Ketapang dengan posisi 7°40'29" S- 113°15'47" E, Cuaca cerah meski  laut cukup ombak tetap membuat kegiatan ini berlangsung baik dan aman



Kasatpolairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno, S.H. saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan pelepasliaran babylobster ini sering dilakukan karena Balai Karantina karena dinilai perairan Probolinggo cukup baik untuk perkembangbiakan babylobster ini.