Sunday, September 16, 2018

POLRES PROBOLINGGO : KASATPOLAIR TURUT DALAM LARUNG SESAJI BUMI PERINGATI 1 SURO

Tribratanews Polres Probolinggo |Menyambut tahun baru Hijriah 1 Muharram 1440 H, diadakan kegiatan Larung Sesaji  Bumi yang diselenggarakan oleh sesepuh Probolinggo yaitu secretariat Purwo Ayu Mardi Utomo (PAMU).  Sebagai bentuk syukur kepada Yang Maha Kuasa atas karunia yang telah diberikan kepada warga Probolinggo Khususnya.

Dengan mengundang instansi terkait seperti para Pejabat Pemerintah Kota Probolinggo, Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Polsek Mayangan serta Satpolair Polres Probolinggo yang dihadiri langsung oleh Kasatpolair AKP Slamet Prayitno,S.H.

Bertempat di UPT P2SKP dermaga Pelabuhan Perikanan Mayangan Kota Probolinggo pada Sabtu 15 September 2018. Kegiatan dimulai sekitar pukul 12.30 WIB dengan membawa sesaji dari Sekretariat PAMU di Jalan Juanda untukdibawa ke pelabuhan Perikanan Mayangan.

Sebelum di Larung, ditampilkan beberapa kesenian daerah Probolinggo, seperti tari Khas Probolinggo, Reog, kemudian ditutup dengan doa sebagai ritual dimulainya kegiatan Larung sesaji Bumi.

Sesaji yang  ditata diatas perahu kecil sebagai wadah, kemudian ditarik oleh Kapal Polisi  X – 1026 Satpolair Polres Probolinggo ke tengah laut dan dilepaskan di wilayah perairan Mayangan.

"kegiatan ini merupakan agenda tahunan bagi warga Probolinggo sebagai bentuk ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa." Kata AKP Slamet.