Friday, November 9, 2018

SAMBANGI POS KAMLING, BAHABINKAMTIBMAS SAMPAIKAN PESAN KAMTIBMAS




Tribratanews Polres Probolinggo | Bhabinkamtibmas Ds. Legundi Kec. Bantaran Bripka A. Khaerudin  melaksanakan pengecekan pos kamling di Desa binaanya Desa Legundi Kec. Bantaran, Kab. Probolinggo, dalam Pembangunan Kesadaran Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kamtibmas. Jumat (09/11/2018)

Poskamling merupakan istilah dari pos keamanan lingkungan. Bila kita perhatikan keamanan dan ketertiban lingkungan sangat penting keberadaannya, untuk mewujudkannya lingkungan yang aman dan nyaman maka perlu dibangun kembali pos sistem keamanan lingkungan atau Poskamling di kampung-kampung.

Peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah sangat penting, tujuan di adakannya poskamling itu sendiri adalah untuk menjaga keamanan lingkungan.
“Pihak kepolisian sebagai pengemban Harkamtibmas tanpa didukung peran serta masyarakat juga hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dengan peran serta warga maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman,” tegas Bripka A. Khaerudin.

Meskipun terlihat sederhana, poskamling keberadaannya sangat penting. Melalui pengadaan poskamling keamanan lingkungan perumahan akan lebih terjaga dari tindakan kejahatan. Sistem keamanan lingkungan pada perumahan perlu untuk diberdayakan. Hal ini bisa dilakukan oleh masyarakat dan manfaatnya dapat dirasakan untuk masyarakat dengan bukti nyata situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif sesuai dengan harapan masyarakat.
Sementara Kapolsek Bantaran IPTU Jamhari, SH menuturkan, bahwa peran serta masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas sangat diperlukan, mengingat tanpa bantuan dan peran serta masyarakat Polri tidak dapat bekerja sendiri.