Sunday, December 9, 2018

Ketika Polisi Leces Sambangi Ranu Wisata Ronggojalu Part 2

Tribratanews Polres Probolinggo | Leces - Berada di tengah pemukiman warga, Ranu atau Danau Ronggojalu terletak di Desa Banjar Sawah, Kecamatan Tegal Siwalan, Kabupaten Probolinggo. Dibuka setiap hari, Ranu Ronggojalu terbuka untuk siapa pun yang mendambakan tempat asri dan indah.

Ternyata beberapa bagian dalam lokasi wisata Ranu Ronggojalu ada yang masuk wilayah Kecamatan Leces. Ini yang membuat 2 Polisi yang sedang bertugas piket Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Leces yaitu Aipda Ichwan dan Bripka Fifit berpatroli menyambangi tempat wisata tersebut (12/2018).

Pasalnya, di danau yang mempunyai luas sekitar 2 hektar ini, banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan. Aktivitas seperti berenang, memancing, bermain perahu bebek, atau bercengkerama di sisi danau. Dan pastinya tk perlu merogoh kocek lebih dalam untuk bisa masuk ke obyek wisata yang berlokasi di Desa Banjar Sawah, Kecamatan Tegal Siwalan, itu.

Jika wisatawan berkunjung ke tempat ini, mereka tidak hanya dapat menikmati panorama danau, melainkan juga bermain main di wahana yang sangat menghibur. Salah satu wahana paling favorit di danau Ronggojalu adalah kolam renang anak anak yang dilengkapi dengan ban pelampung, gazebo untuk duduk duduk santai, dan warung warung yang menjual jajanan khas Probolinggo.

Saat 2 petugas Polsek Leces tersebut datang, situasi ranu masih sepi-sepi saja. Terhitung tak lebih dari 30 orang wisatawan lokal yang berkunjung. "Memang masih belum waktunya liburan sekolah" ujar Fifit. Namun begitu Ichwan dan Fifit berusaha maksimal menjalankan tugasnya sebagai pengayom masyarakat dengan menghimbau wisatawan lokal yang ditemuinya untuk senantiasa menjaga barang-barang miliknya.

"Di tempat ini biasanya akan dimanfaatkan orang untuk selfie, tak jarang hp mereka hilang karena ketinggalan atau jatuh ke ranu" jelas Ichwan tatkala melihat seorang ibu-ibu yang tampak kesulitan mengoperasikan smartphonnya karena ukurannya yang besar. Ichwan dan Fifit mendekati rombongan ibu-ibu tersebut dan mengingatkan agar lebih berhati-hati dengan barang bawaannya.

Momen tersebut tak disia-siakan oleh rombongan yang ternyata berasal dari Kota Probolinggo untuk berfoto bersama petugas. "Satu... Dua... Cekrek... " dan jadilah. (ptn)