Sunday, December 9, 2018

Pendalaman Materi Saka Bhayangkara Oleh Aipda Ichwan

Aipda Ichwan sedang memberikan materi

Prasbhara menyimak dengan seksama
Tribratanews Polres Probolinggo | Leces - Pagi itu (12/2018) sebanyak 9 orang anggota Pramuka Saka Bhayangkara (Prasbhara) binaan Polsek Leces mendapat pendalaman materi tentang Saka Bhayangkara dari Aipda Ichwan. Dirinya mengumpulkan remaja putra dan putri ya g beradal dari dari sekolah-sekolah menengah berbeda di Kecamatan Leces dan Tegalsiwalan tersebut di ruang pertemuan Polsek Leces.

"Ini adalah hal yang paling mendasar yang harus diketahui oleh masing-masing anggota Prasbhara" jelas Ichwan saat memulai materinya. Saat semua perhatian mulai tertuju padanya, Ichwan melanjutkan dengan menerangkan pengertian Saka Bhayangkara itu sendiri. "Saka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kamtibmas, guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional" terangnya. "Sedangkan keanggotaan Prasbhara sendiri diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus." lanjutnya kemudian.

Ichwan merefresh kembali pada anggota Prasbhara yabg hadir bahwasannya tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader Bangsa yang ikut serta bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan di dalam Gerakan Pramuka  

Salah seorang Prasbhara mengatakan bahwa dengan pendalaman materi kali ini, dirinya baru mengetahui jika dalam Saka Bhayangkara terdapat 4 Krida yaotu Krida Kamtibmas, Krida Lalu lintas, Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana dan Krida TPTKP. "Krida sendiri adalah satuan terkecil dari Satuan Karya (Saka) yang berjumlah 5-10 orang." Jelasnya mantab.

Melanjutkan materinya, Ichwan masuk pada tujuan akhir dan hasil yang diharapkan dari dibentuknya Saka Bhayangkara adalah agar para anggota Pramuka memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan, keterampilan dan pengalaman dalam bidang kebhayangkaraan. Bersikap tertib, disiplin dan taat terhadap aturan hukum dan norma sosial yang berlaku. Mampu mencegah, menangkal dan menanggulangi timbulnya kejadian kamtibmas. Peka, waspada, tanggap dan dapat menyesuaikan terhadap dinamika sosial di lingkungannya.

Selain itu tiap tiap anggota Prasbhara diharapkan mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kamtibmas kepada para anggota Gerakan Pramuka di Gugusdepannya. Mampu menyelenggarakan pengamanan lingkungan secara swakarsa, swadaya dan swasembada. Mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi di lingkungannya untuk kemudian segera menyerahkan kepada Polri. Mampu membantu Polri dalam pengamanan TKP dan melaporkan kejadian tersebut serta bersedia menjadi saksi.

Mengakhiri materinya pada pagi hari itu, Ichwan menambahkan pengetahuan tentang jenjang kepangkatan dalam Kepolisian Republik Indonesia, mulai pangkat Bhayangkara Polisi Dua (Bharada) hingga Jenderal Polisi. Pria yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (KSPKT) itu juga memberikan motivasi dan semangat pada masing-masing anggota Prasbhara untuk meraih cita-cita yang setinggi-tingginya. (ptn)