Sunday, December 9, 2018

Polisi Sobat Anak Sudah Biasa, Polisi Sobat Musang Ini Videonya

Tribratanews Polres Probolinggo | Leces - Di Leces terdapat sebuah komunitas unik yang berkecimpung dalam pelestarian salah satu mamalia darat. Mereka menyebut komunitasnya Barisan Owner Musang Probolinggo atau disingkat Bromo. Seperti namanya, orang-orang yang tergabung di dalamnya adalah pecinta hewan musang.

Bagi beberapa orang, musang adalah hewan liar yang tak mudah dijinakkan, termasuk pengalaman penulis sendiri yang sedikit pernah punya pengalaman tak mengenakkan. Ya, bayang-bayang digigit hewan omnivora saat kecil masih membekas jelas dalam ingatan.

Bermarkas di depan terminal angkot Jorongan, komunitas ini berdiri sejak 1 Januari 2018. Meski belum genap setahun, namun membernya mencapai 70 orang dari Kota dan Kabupaten Probilinggo. Saat TBnews mampir ke markas mereka (12/2018) komunitas ini menyambut dengan hangat.

Saat ditemui, salah satu korlapnya, Widi (21) ada trik khusus untuk menjinakkan mamalia yang ternyata banyak jenisnya ini. Widi pun mempersilahkan TBnews menggendong salah satu musang jenis akar (musang akar) yang berasal dari Kalimantan, dan surprisingly jitot (istilah mereka untuk jinak total)

"Selain itu ada juga jenis musang lokal yaitu musang pandan, musang bali dan yang paling besar jenjs musang bulan, yang usianya bisa mencapai 15 tahun" jelasnya. "Pakannya pun bisa apa saja, dari pepaya, pisang, kepala ikan hingga ceker ayam" sambungnya lagi. Saat ditanya harga dirinya mengatakan untuk jenis muskar usia setahunan berkisar antara 1,5 juta rupiah dan makin mahal seiring bertambahnya umur.

Komunitas ini pun bersemangat tatkala menyatakan bahwa mereka anti sara dan ujaran kebencian serta mendukung Polri memerangi berita hoax, seperti yang sempat terekam kamera TBnews tak lupa sambil meyerukan salam ala mereka, "Bromooo... asrep ngeeer !!!". (ptn)