Sunday, December 9, 2018

Sejenak Mengintip Kegiatan Satgas Nusantara Dalam Antisipasi Bencana


























Tribratanews Polres Probolinggo | Leces - Pagi itu (12/2018) jam masih menunjukkan pukul 09.25 Wib saat mobil patroli 802 Leces melintas perlahan ke arah selatan jalur pantura Jl Raya Leces Desa Malasan Kulon. Aipda Ichwan, petugas yang mengawaki mobil patroli turun dari mobil dan mengamati penampakan fisik pohon, kemudian melanjutkan patrolinya kembali, demikian dilakukan beberapa kali saat melewati pohon-pohon besar.

Saat memutar balik ke arah utara, Pak Ichwan menambah laju kecepatan mobil patrolinya langsung menuju ke Dam Sempol Desa Sumberkedawung untuk memantau debit air. Tinggi air di dam tersebut berada dalam taraf normal. Kegiatan pagi yang dilakukan pria yang menjabat sebagai Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu yang bertugas hari itu adalah dalam rangka antisipasi bencana kekeringan.

Ditemui di tempat terpisah, Kapolsek Leces melalui Kasium Bripka Heppy Krisma menyatakan bahwa kegiatan antisipasi sebagaimana yang dilakukan oleh Pak Ichwan adalah sebagain dari pekerjaan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara dalam hal menantisipasi berbagai kerawanan bencana yang dapat mengganggu kelangsungan hidup masyarakat.

"Pak Ichwan tadi menginventarisir pohon-pohon besar di tepi jalan yang kayunya sudah lapuk, yang demikian itu berbahaya jika sewaktu-waktu roboh jika ada angin atau hujan deras. Kemudian akan kami koordinasikan dengan Forkopimka untuk dilakukan penebangan", tutupnya. (ptn)