Sunday, December 9, 2018

Sepakat, Masyarakat Leces Berkomitmen Hidup Sehat


Tribratanews Polres Probolinggo |
Leces - Kegiatan senam pagi bersama yang diadakan setiap Jumat pagi di halaman Kecamatan Leces kali ini nampak lebih semarak daripada biasanya. Nampak umbul-umbul terpasang mulai pintu masuk gerbang komplek perkantoran Muspika Leces hingga di sekitaran halamanpaving Kecamatan Leces. Ternyata acara senam pagi kali ini (12/2018) berbarengan dengan penandatanganan komitmen masyarakat dalam acara gerakan masyarakat sehat (Germas)

Seperti biasa yang mengikuti senam pagi bersama setiap Jumat adalah dari seluruh instansi pemerintah maupun swasta yang ada di kecamatan Leces, tak ketinggalan para Kepala Dsa se Kecamatan Leces beserta Perangkatnya ikut serta meramaikan senam pagi tersebut. Imam (42) kembali didapuk sebagai Master of Ceremony (MC) mulai menyuarakan joke joke segar sembari meyambut peserta senam yang masih terus berdatangan. Jam 07.45 wib Imam pun menyerahkan alur acara pada Dian (38), instruktur senam asal Desa Sumbekedawung. Seluruh peserta senam membaur berbaris rapi mengambil jarak satu sama lain satu rentangan tangan.

Kali ini setelah pelaksanaan senam, diadakan pengundian door prize dengan hadiah utama berupa 3 buah sepeda gunung. Peserta juga dihibur dengan penampilan talent dari Puskesmas Leces dan hiburan karaoke. Di sela-sela acara dilakukan penandatanganan naskah komitmen pelaksanaan germas di wilayah kerja Puskesmas Leces, yang dilakukan oleh Camat Leces Heri Mulyadi S.Stp, MSi., Kepala Puskesmas Leces dr. Niswah Nilam Qonitah, Kepala K.U.A Leces Ali Shodiq, Danramil 0820/03 Leces Kapten Inf. Abu Kuswari, Kapolsek Leces yang diwakili KSPKT Aipda Ichwan dan Tokoh Masyarakat H. Burdi.

Saat dikonfirmasi pada Camat Leces menjelaskan bahwa pelaksanaan penandatanganan naskah komitmen pelaksanaan germas tersebut sebenarnya adalah implementasi dari Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang pelaksanaan germas di tempat kerja dan lingkungan masyarakat di wilayah masing-masing.

"Pelaksanaannya meliputi aktivitas fisik berupa senam peregangan 30 menit perhari di tempat kerja masing-masing, perubahan menu snack sajian rapat atau kegiatan lain berupa buah atau sayur, cek kesehatan rutin minim 2 kali dalam setahun kepada staf, karyawan, anak didik atau keluarga dan masyarakat di wilayah kerja masing-masing", terangnya.

Heri menambahkan bahwa pelaksanaan Germas tersebut berarti juga melaksanakan Peraturan Bupati Probolinggo nomor 26 tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di instansi pendidikan dan wilayah kerja masing-masing. "Saya berharap agar seluruh warga ikut melaksanakan sosialisasi Germas kepada masyarakat umumnya dan keluarga khususnya" pungkas Heri. (ptn)