Monday, January 14, 2019

Antisipasi Laka Kereta, Polisi Sambangi Penjaga Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu

Tribratanews Polres Probolinggo | Leces - Di Leces, terdapat lebih dari 10 perlintasan Kereta Api tanpa palang pintu. Beberapa diantaranya terletak di Desa Jorongan. Dengan jumlah warga desa yang lebih dari 5000 orang ini, mobilitas warga yang melewati perlintasan Kereta Api tanpa palang pintu terbilang cukup tinggi terutama pada jam-jam tertentu.

Mengantisipasi terjadinya laka Kereta Api pada perlintasan tanpa palang pintu, malam itu (01/19) Aiptu Aap Ruskapin dan Brigpol Ludfi melaksanakan patroli pengecekan perlintasan Kereta Api di Desa Jorongan. Satu demi satu setiap perlintasan di cek dan ternyata di setiap perlintasan sudah ada petugas yang menjaga.

"Beberapa bulan yang lalu pernah terjadi laka kereta yang menabrak mobil melintas di jalur rel tanpa palang pintu. Pihak PT. KAI (Kereta Api Infonesia) Dapos Jember tak mau  kejadian tersebut terulang dan menempatkan petugas penjaga di beberapa titik perlintasan tanpa palang pintu," jelas Aiptu Aap yang sehari-hari menjabat sebagai KSPKT Polsek Leces tersebut.

Dirinya juga tak menampik bahwa tidak semua perlintasan tanpa palang pintu dijaga petugas dari PT. KAI. "Pemerintah desa ini pun telah turun tangan dengan menempatkan petugas di titik yang kosong. Dan kami secara periodik melakukan kontrol, jika perlintasannya kosong tanpa petugas maka akan kami follow up ke Kades setempat," pungkasnya. (ptn)