Monday, January 14, 2019

Praktek Lapangan Aplikasi Kompas Bidik Dari Polisi Kepada Prasbhara Leces

Tribratanews Polres Probolinggo | Leces - Minggu pagi seperti biasa Pramuka Saka Bhayangkara (Prasbhara) binaan Polsek Leces berlatih seperti biasa. Bersama pendamping Kak Siti Aminah (30), kali itu (01/19) kembali Aipda Ichwan memperdalam pengetahuan tentang fungsi lalu lintas Polri. Ichwan menyampaikan materinya di dalam ruangan aula Polsek Leces.

"Untuk pengantar materi lalu-lintas telah kami sampaikan pada pertemuan sebelum puasa beberapa waktu lalu. Ini adalah kelanjutan sebagai pemantapan pemahaman adik-adik Pramuka tentang lalu-lintas", terang Ichwan kepada TBNews. "Karena kali ini lebih ke teori tentang lalu-lintas maka kegiatan dilakukan di dalam ruangan", tambahnya.

Karena sudah mendapatan pengantar materi lalu-lintas sebelumnya, maka pertanyaan yang dilontarkan dari anggota Prasbhara lebih variatif. Diantara mereka menanyakan tentang pasal-pasal pelanggaran yang sering dilanggar oleh pengguna jalan dan besaran denda yang harus dibayar oleh pelanggar.

Setelah dirasa cukup, Ichwan melanjutkannya dengan pemberian materi tentang penggunaan kompas bidik. "Penting bagi Pramuka, untum mengetahui dengan benar tentang kompas dan kinerjanya", jelas Ichwan. Dirinya menambahkan bahwa dengan mengetahui dan bisa membaca peta dengan arah kompas, maka kemungkinan tersesat makin kecil.

Untuk memaksimalkan pembacaan arah mata angin, Ichwan pun membawa seluruh anggota Prasbhara keluar ruangan untuk langsung praktek menggunakan kompas bidik. "Ini sebenarnya adalah hal yang sangat vital bagi penggiat alam bebas, tetapi banyak yang belum menggunakannya", tutup Ichwan. (ptn)