Wednesday, February 13, 2019

Polres Probolinggo : Memanfaatkan Waktu Patroli Dengan Sambang dan Dialogis Bersama Masyarakat

Tribratanews Polres Probolinggo - Untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sewaktu piket jaga diwajibkan melaksanakan patroli mobiling di wilayah hukum. Seperti halnya yang dilakukan oleh KSPKT C Polsek Krejengan Polres Probolinggo Bripka Suwarno dan Bripka Very saat melakukan mobiling tak lupa digencarkan patroli sambang, tampak kali ini sambang dan dialogis ke rumah Gafil selaku tokoh pemuda dengan alamat dusun Karangasem desa Kamalkuning Kecamatan Krejengan, Rabu (13/02/2019).

Terlihat petugas patroli sambang Polsek Krejengan di sambut baik oleh tuan rumah dan tampak keakraban terjalin erat, sambil ngobrol santai terkait situasi kondisi kamtibmas di wilayah lingkungan Dusun Karangasem Desa Kamalkuning dalam kesempatan tersebut tak lupa Bripka Suwarno menyampaiń∑an pesan kamtibmas.

“ Tolong pak.. Agar berhati - hati dan waspada terhadap  orang yang baru dikenal dan masuk di wilayah lingkungan desa Kamalkuning, mengingat tempo dulu ada pelaku hipnotis yang tertangkap diwilayah ini”.ungkapnya.

Gafil selaku tokoh pemuda desa Kamalkuning mengucapkan terimakasih atas kehadiran petugas patroli dari Polsek Krejengan  yang telah sudi kunjung ke tempatnya dan memberikan pesan kamtibmas.

Sementara itu, Kapolsek Krejengan IPTU Yuliyana,SH menerangkan bahwa apa yang dilakukan oleh anggotanya merupakan suatu hal yang sangat positif, yakni petugas patroli mobiling menggiatkan sambang dialogis dengan masyarakat.

Masih kata IPTU Yuliyana,SH dengan hadirnya petugas Kepolisian tersebut dapat memberikan dampak kepada masyarakat minimal terdapat rasa terlindungi, terayomi dari berbagai macam bentuk persoalan maupun gangguan kamtibmas lainnya, dan juga dengan hadirnya petugas Kepolisian di tengah masyarakat, maka manfaatnya masyarakat akan lebih terbuka dan lebih dekat dengan Polri, ujarnya.

Dialogis atau komunikasi dengan masyarakat tersebut merupakan kegiatan yang sederhana, namun memberikan manfaat yang luar biasa, karena timbal balik yang didapatkan yakni dapat mengetahui perkembangan situasi kamtibmas diwilayah serta mengajak masyarakat untuk selalu peduli dengan kamtibmas, pungkas Kapolsek Krejengan.