Friday, July 12, 2019

Polres Probolinggo : Bhabinkamtibmas Monitoring Hasil Pembangunan RTLH, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Tribratanews Polres Probolinggo |


Polsek Tegalsiwalan - Anggota Polsek Tegalsiwalan Bripka Arief Hermawan.,S.H. bersama Tim Monitoring Kecamatan Tegalsiwalan melakukan pengawasan anggaran Dana Desa (ADD) hasil proyek RTLH milik Bapak Musni, umur 53 th, blok sabtuan Desa Bulujaran Lor Kecamatan Tegalsiwalan. Hal ini dilakukan sesuai dengan MOU atau kesepakatan bersama antara Polri dengan Mendagri, Kemendes PDTT .

Selaku Bhabinkamtibmas ia aktif melaksanakan pengawasan penggunaan ADD di desanya. Tindakan pengawasan ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat, pemerintah propinsi maupun pemerintah kabupaten untuk pembangunan desa.

Bripka Arief Hermawan.,S.H. menjelaskan, bahwa tidak semua kepala desa melakukan pelanggaran karena niat disengaja untuk menyelewengkan penggunaan dana desa. “Ada yang belum berpengalaman atau tidak tahu tentang administrasi, disitulah Bhabinkamtibmas berperan memberikan saran dalam membuat perencanaan dan pelaporan yang benar. Jadi tidak hanya benar dalam menggunakan anggaran tapi juga benar dalam laporan secara administrasi sehingga program pembangunan terealisasi sesuai rencana.” Ujarnya.

“Kami selaku Bhabinkamtibmas selalu mengawasi penggunaan Dana Desa, diharapkan alokasi penggunaannya dapat mensejahterakan masyarakat desa dan pembangunan infrastruktur yang diprioritaskan, tepat sasaran dan tepat guna bagi masyarakat.” Imbuh Bripka Arief Hermawan.,S.H. (D&A)