Friday, July 12, 2019

Polres Probolinggo : Monitoring dan Pengawan Dana Desa, Bhabinkamtibmas Cek Hasil Pembangunan Saluran Drainase

Tribratanews Polres Probolinggo |


Polsek Tegalsiwalan - Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusifitas diwilayah hukum Polsek Tegalsiwalan Polres Probolinggo harus ada sinergitas dan kemitraan antara aparat keamanan dan seluruh warga masyarakat, dalam rangka membangun kekompakan dan sinergitas antara Bhabinkamtibmas dan perangkat desa Anggota Polsek Tegalsiwalan Polres Probolinggo Bripka Arief Hermawan.,S.H. bersama Tim Monitoring Kecamatan Tegalsiwalan mengadakan peninjauan hasil pembangunan Saluran Drainase di Desa Paras Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Bripka Arief Hermawan.,S.H. tidak lupa untuk menyampaikan himbauan dan pesan pesan kamtibmas serta mengingatkan Pemerintah Desa Bulujaran Lor untuk lebih transparan dan tepat guna dalam mengunakan Dana Desa karena pada dasarnya Dana Desa digunakan untuk kepentingan serta kesejahteraan warga masyarakat.

“Bahwa dana desa bertujuan untuk meningkatan aspek pembangunan baik prasarana fisik maupun non fisik dalam rangka mendorong tingkat partisipasi masyarakat untuk pemberdayaan dan perbaikan taraf hidupnya.” Ucap Bripka Arief Hermawan.,S.H.

Ia menjelaskan bahwasannya pada saat ini Pemerintahan Desa telah diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola oleh masing masing desa sehingga Kepala Desa harus pandai pandai untuk mengelola dana tersebut guna pembangunan dan kesejahteraan warga desa, disamping itu Kepala Desa juga mempunyai tanggung jawab dan resiko yang sangat besar bila sampai salah dalam mempergunakan dana desa maka sebagai kepala desa akan mempertanggung jawabkannya didepan hukum sesuai dengan peraturan dan UU yang berlaku.

“Pada saat ini banyak sekali orang ataupun lembaga yang mengawasi pengunaan dana desa oleh sebab itu penggunaan dana desa jangan sampai disalahgunakan dan penggunaan dana desa harus disertai dengan dokumen dokumen yang sesuai dengan peraturan dan aturan seperti yang diamanatkan oleh peraturan pemerintah, kami sangat berharap tidak ada penyalahgunaan sekecil apapun mengenai dana desa karena kalau sampai ada penyelewengan maka akan berhadapan dengan aparat penegak hukum dari Polsek Tegalsiwalan Polres Probolinggo.” Ujar Bripka Arief Hermawan.,S.H.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kapolsek Tegalsiwalan Polres Probolinggo AKP Ida Bagus G.K.W.,S.H mengatakan bahwasannya Bhabinkamtibmas harus selalu melekat didesa binaan masing masing guna mendampingi Kepala Desa serta perangkat desa lainnya dan Bhabinkamtibmas merupakan mitra sekaligus pendamping dari Kepala Desa dalam rangka menciptakan kesejahteraan, keamanan dan ketertiban didesa binaannya. (D&A)