Friday, September 13, 2019

Polres Probolinggo : Bripka Soewondo Sambang Ibu-Ibu, Antisipasi Berita Hoax Adanya Penculikan Anak

Tribratanews Polres Probolinggo | Kanit Reskrim Polsek Besuk Bripka Soewondo bersama Brigpol Sutandi melakukan kegiatan sambang kesalah satu warga binaanya di Desa Alasnyiur, Kamis (12/09/2019). Dalam kegiatannya, Bripka Soewondo dan Brigpol Sutandi menyampaikan pesan kamtibmas yaitu perlunya antisipasi dan peran masyarakat dalam menangkal kabar bohong adanya penculikan anak dengan diambil organ vitalnya untuk diperjual belikan.
Kabar yang beredar dimedia sosial yang menampilkan salah satu Korban anak dalam kondisi diambil organ tubuh vitalnya, dengan mengatasnamakan dari salah satu fungsi Kepolisian itu merupakan kabar bohong dan menyesatkan” Para pelaku penyebar berita Hoax bisa diancam dengan hukuman maksimal 6 tahun dan denda maksimal 1 miliar” kata Bripka Soewondo kepada warga yang disambanginya.
Menurutnya, Kabar bohong dan berita menyesatkan itu merupakan akal-akalan para pengacau keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya yang sering menggunakan jaringan internet dengan melakukan infiltrasi menyebarkan berita Hoax melalui media Sosial (Medsos).
Ada beberapa cara agar masyarakat tidak terprofokatif adanya pemberitaan Hoax dengan menyarankan pembaca untuk mengecek sumber berita lain agar informasi yang diterima bukan hasil rekayasa. Cara kedua yaitu dengan meneliti alamat situs web.
” Pembaca tidak menelan mentah-mentah ucapan seorang narasumber yang dikutip oleh situs berita. Sering kali hal itu luput dari pembaca karena pembaca terlalu cepat mengambil kesimpulan. Semakin banyak fakta yang termuat di sebuah berita, makin banyak kredibel berita itu,” lanjut Bripka Soewondo menjelaskan.