Saturday, October 12, 2019

Polres Probolinggo : Bhabinkamtibmas Intensifkan Patroli Cegah Karhutla

Tribratanews Polres Probolinggo |
Polsek Tegalsiwalan - Guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), anggota Polsek Tegalsiwalan Bripka Arief Hermawan.,S.H bersama 1 orang anggota terus berupaya melaksanakan kegiatan pencegahan (preventif) melalui berbagai cara. Salah satunya disaat pelaksanaan patroli Karhutla di perkebunan kayu sengon Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolingo.

Berbagai upaya dilakukan Polsek Tegalsiwalan guna cegah Karhulta dengan melakukan patroli di wilayah hukum Polsek Tegalsiwalan, dengan melakukan patroli tersebut diharapkan dapat mengawasi aktivitas masyarakat yang ada di lahan rawan kebakaran.

Pelibatan masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terus dilakukan. Masyarakat yang berada di sekitar lahan menjadi aktor utama dalam upaya pencegahan Karhutla, karena kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran adalah kunci keberhasilan dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan patroli tersebut juga menyambangi warga setempat pemilik lahan sekitar, dengan harapan pemilik lahan dapat menjaga lahannya hingga menghindari terjadinya kebakaran.

"Kita mengingatkan kepada warga masyarakat, dan memberi himbauan untuk mengajak bersama-sama menjaga lahannya agar tidak terjadi kebakaran.” Ujar Bripka Arief Hermawan.,S.H.

“Perubahan perilaku dari masyarakat menjadi tujuan dari upaya pencegahan Karhutla. Rantai Karhutla harus diputus melalui sosialisasi yang dilakukan terus menerus, sehingga kesadaran untuk menjaga lingkungan tertanam dalam kehidupan masyarakat. Sosialisasi Karhutla bisa melalui anjangsana, kunjungan, dan pendekatan personal kepada masyarakat.” Imbuhnya. (D&A)