24 Jan 2020

Satlantas Polres Probolinggo Latih Layanan TACS kepada Operator RSUD Waluyo Jati Kraksaan

Tribratanews Polres Probolinggo | Berbagai Inovasi Layanan Publik telah dilakukan oleh Polda Jatim dan Jajarannya, Kali ini Satlantas Polres Probolinggo dibawah pimpinan AKP Sigit Purwanto R., S.H., melatih sebuah Program layanan berbasis digital bernama TACS (Traffic Accident Claim System) bertempat di Ruang rapat RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Jum’at (24/1/2020).


Kasatlantas mengungkapkan tujuan kegiatan pelatihan, “Sebagai bentuk kepedulian kepada korban kecelakaan lalu lintas di jalanan Surabaya, kepolisian kemudian menginisiasi aplikasi tersebut untuk mempermudah proses penanganan dan klaim asuransi para korban laka lantas,”ungkap Perwira Balok Tiga dipundaknya dalam sesi pembukaan sambutan pelatihan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan Menggandeng PT. Jasa Raharja, juga membuat Memorandum of Understand (MoU) dengan Rumah Sakit (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan, RS Graha Sehat, RS Rizani Paiton dan RS Wonolangan Dringu.

Secara terpisah Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto S.H., S.I.K ,"Kami hari ini, melatihkan salah satu layanan berbasis digital dengan nama TACS untuk melayani masyarakat. Memangkas sistem birokrasi terkait penanganan laka lantas, terutama di wilayah hukum Polres Probolinggo," kata AKBP Eddwi melalui telepon seluler kepada awak media ini, Kamis (24/1/2020).


Lebih lanjut, AKP Sigit (sapaan akrab kasat lantas) membeberkan layanan tersebut dapat diakses oleh Patugas Jasa Raharja, RSUD Waluyo Jati, RS Graha Sehat, RS Rizani Paiton dan RS wonolangan Dringu serta Petugas Unit Lakalantas, dengan memilih layanan kepolisian lalu pilih Satlantas dan selanjutnya memilih TACS Masyarakat.

"Disana akan muncul untuk input nomor induk kependudukan sesuai KTP korban laka, jika dirawat di rumah sakit yang saat ini sudah MoU dengan kami akan muncul data korban. Termasuk pengurusan Jasa Raharja, sesuai dengan aturan undang-undang,progresnya akan terlihat," tambah Sigit.

Sejauh ini, layanan TACS di Probolinggo menggandeng rumah sakit Waluyo Jati Kraksaan,  RS Graha Sehat, RS Rizani Paiton dan RS wonolangan Dringu


"Dalam peluncuran ini kami juga mengundang direktur rumah sakit Waluyo Jati Kraksaan dan Operator dari RS Graha Sehat, RS Rizani Paiton dan RS wonolangan Dringu, untuk dapat melihat dan praktek langsung program layanan masyarakat ini," lanjutnya.

Secara teknis, pihak rumah sakit akan menyediakan petugas untuk menginput data korban laka masuk yang secara otomatis dapat terlihat di program TACS tersebut.

(MJ/Azizul)

Popular Posts