7 Jun 2021

Sambang Tomas, Polisi Himbau Waspadai Hoax



Tribratanews Polres Probolinggo | Leces
Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas di desa yang memiliki tugas pokok melakukan pembinaan masyarakat,  mendeteksi dini dan mediasi / negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa (06/2021).

Dalam pelaksanaan tugasnya Bhabinkamtibmas memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu melaksanakan kunjungan kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan persaudaraan, membimbing dan berikan penyuluhan di bidang hukum dan kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

Selain itu juga menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan harkamtibmas, mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat, memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan, menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif, mengkoordinasikan upaya pembinaan kamtibmas dengan perangkat desa dan pihak terkait lainnya, melaksanakan konsultasi, mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial.

Hal itulah rupanya yang dilaksanakan dan dimaksimalkan oleh anggota Polsek Leces dalam rangka meningkatkan situasi kondusif di wilayahnya.  Seperti yang dilakukan oleh anggotanya,  tampak Aipda Fifit bersama Bripka Adi, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Leces yang ditugaskan di Desa Tigasan Wetab melakukan kunjungan ke salah satu rumah tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya.

Malam itu Fifit dan Adi mengunjungi Haji Karim, salah satu tokoh masyarakat yang cukup disegani diwilayahnya, tak lupa menyampaikan beberapa pesan kamtibmas agar tetap menjaga kerukunan dan persatuan di wilayahnya, dan tidak mudah terprovokasi dengan adanya isu yang tidak bertanggung jawab maupun adanya berita bohong alias hoax, serta selalu mengingatkan untuk selalu menrapkan protokol kesehatan agar mencegah penyebaran covid-19. 

Rupanya kehadiran pak Bhabinkamtibmas siang itu mendapat apresiasi dari Haji Karim, di akhir perbincangannya Haji Karim menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang telah dilakukan dan berharap hal tersebut untuk tetap dilaksanakan secara berkesinambungan. (ci)

Popular Posts