8 Okt 2020

Cegah Penularan Covid-19, Polsek Leces Ajak Warga Disiplin Gunakan Masker


Tribratanews Polres Probolinggo | Leces
- Penggunaan masker merupakan bagian dari rangkaian komprehensif langkah pencegahan dan pengendalian yang dapat membatasi penyebaran penyakit-penyakit virus saluran pernapasan tertentu, termasuk COVID-19. Masker dapat digunakan baik untuk melindungi orang yang sehat (dipakai untuk melindungi diri sendiri saat berkontak dengan orang yang terinfeksi) atau untuk mengendalikan sumber (dipakai oleh orang yang terinfeksi untuk mencegah penularan lebih lanjut). Namun, penggunaan masker saja tidak cukup memberikan tingkat perlindungan atau pengendalian sumber yang memadai. Karena itu, langkah-langkah lain di tingkat perorangan dan komunitas perlu juga diadopsi untuk menekan penyebaran virus-virus saluran pernapasan. Terlepas dari apakah masker digunakan atau tidak, kepatuhan kebersihan tangan, penjagaan jarak fisik, dan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) lainnya sangat penting untuk mencegah penularan COVID-19 dari orang ke orang.

Penggunaan masker dan jaga jarak akan menghambat terjadinya transmisi virus melalui udara. Hal ini dikarenakan dapat menampung virus yang keluar ketika seseorang berbicara, batuk dan bersin dari hidung ataupun mulut sehingga virus yang keluar tidak akan bertransmisi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek Leces ini yang tak pernah lelah mengajak serta mengingatkan warga masyarakat untuk sellau menggunakan masker ketika berada di luar rumah karena penggunaan maskr ini dapat menekan penyebaran covid-19 (10/2020). 

"Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung, dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker. lalu hiondari menyentuh masker saat digunakan. Bila tersentuh, segera cuci tanganpakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau menggunakan handsanitizer" ujara Bripka Heppy. (ci)

Popular Posts