14 Sep 2021

Polres Probolinggo : Bhabinkamtibmas Sambang Poskamling

Tribratanews Polres Probolinggo | Bhabinkamtibmas Polsek Krejengan melaksanakan kegiatan sambang warga dan Pos Kamling di Wilayah Binaannya. Senin (13/09/2021).

Melalui kegiatan sambang ini menyampaikan perlunya peran serta warga dalam menciptakan adanya keamanan dan ketertiban masyarakat melalui Siskamling, dari pengertian kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat setempat.

Dalam pelaksanaan kegiatan ataupun aktivitas Siskamling, dilakukan dengan ronda. Ronda adalah berjalan berkeliling berpatroli untuk menjaga keamanan di kampung setempat baik dengan jalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dan dalam ronda biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap lini perumahan warga. Ada juga yang sambil mengambil jimpitan yang disiapkan di dalam wadah kecil yang terletak di bagian depan setiap rumah.

Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat,jelasnya.

“Siskamling juga merupakan salah satu tempat sarana  bekomunikasi serta informasi bagi masyarakat dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong untuk memenuhi kebutuhan rasa aman" Pungkasnya dalam berbagi cerita.



Popular Posts