28 Jan 2020

6 LANGKAH PENCEGAHAN VIRUS CORONA, INI PESAN KAPOLRES PROBOLINGGO

Tribratanews Polres Probolinggo | Virus Corona Wuhan atau coronavirus n-CoV novel masih menjadi perbincangan internasional. Pemberitaan terbaru mengabarkan, virus ini tidak hanya ditemukan di China, melainkan kasus serupa terjadu di beberapa negara lain seperti Singapura, Vietnam, Hong Kong, Thailand, Taiwan, dan lainnya. WHO pun mengeluarkan peringatan lalu lintas internasional sehubungan dengan merebaknya virus corona baru ini. 

Dilansir dari situs WHO, sejauh ini tanda-tanda dan gejala klinis utama yang dilaporkan dalam wabah tersebut antara lain demam, sulit bernapas, dan radiografi dada yang menunjukkan infiltrat paru bilateral. Penularan dari manusia ke manusia telah terkonfirmasi di sebagian besar di Kota Wuhan, juga beberapa tempat lain di China.

Untuk pencegahan dilingkungan Polres Probolinggo Polda Jatim, Kapolres Problinggo AKBP Eddwi Kurniyanto S.H., S.I.K, juga memberikan himbauan kepada seluruh anggota Polres Probolinggo dan Polsek Jajaran,“ dengan melaksanakan tindakan pencegahan antisipasi terhadap Virus Corona”, kata Kapolres kepada Media ini pada Selasa (28/1/2020).

Beberapa point pesan yang disampaikan Kapolres Probolinggo melalui Paur Kesehatan Polres Probolinggo Briptu Ndandung Budhi P, S.Kep., Ners, mengungkapkan ada beberapa point tindakan pencegahan diantaranya sebagai berikut :

  1. Cuci tangan dengan bersih gunakan Sabun
  2. Perbanyak Konsumdi Buah dan Sayur
  3. Hindari konsumsi Daging mentah
  4. Kurangi kontak langsung dengan hewan
  5. Gunakan masker saat Batuk dan Flu dan segeralah ke Dokter
  6. Istirahat yang cukup
Sedangkan untuk tindakan pencegahan supaya tidak tertular agar hindari kontak langsung dengan penderita ISPA, bila terlanjur melakukan pertolongan agar segera membersihkan tangan dengan sabun, serta ingatkan dan himbau orang lain saat batuk / flu untuk gunakan masker.

“Semoga dengan tindakan pencegahan ini seluruh personil Polres Probolinggo dalam melaksanakan tugas Kepolisian tetap maksimal untuk melayani masyarakat” imbuh Kapolres Probolinggo.

Penulis : Mj Multimedia Polres Probolinggo

Popular Posts